4.6( 8864)

Cara Membuat Blog Menjadi Super Ringan Dan SEO Bagian 2

Notifikasi Penting
Maaf, UnlimitSoft mengalami sedikit masalah internal, dan tidak terupdate. Dipindahkan sementara ke www.Newsinfopedia.org





Dalam konteks pembahasan Blog Ringan yang terdahulu sudah saya jelaskan sedikit untuk cara membuat blog agar lebih ringan dibuka pada browser.

Perlu diketahui blog yang ringan akan lebih disukai oleh Robot Google, artinya selain blog makin dicintai mesin pencari, juga bisa makin cepat terindeks paada mesin pencari, ini yang biasanya blog seseorang menjadi Rank 1 on Google Top Search.



NOTE : PERHATIKAN BAIK-BAIK. BANYAK TERJADI KESALAHAN YANG TIDAK DIKETAHUI OLEH BLOGGER.


1. Sudah pasti, saya ingatkan sekali lagi, WIDGET. Boleh saja asalkan jangan diBooming pada blog kita.

2. Hal tidak bijak apabila memasang ANTI KLIK KANAN.


3. Apabila ingin memasang Script baru, pasang pada Element terdahulu. Apabila menambah element baru maka akan membuat blog tersekat oleh banyak element, ini akan tambah berat dibuka.

4. Apabila ingin membuat Float Menu Fixed, Compress-lah CSS-nya. Jangan asal copy paste scrpit.

5. CBOX (Chatting Box) yang bergaya Float/Melayang, sebaiknya letakan pada bagian Blog saja, tidak perlu dibuat-buat melayang. Sudah diketahui bahwa widget melayang itu berat, apalagi menggunakan file JS.

contoh chatting box melayang. Memang tidak memakan tempat, tetapi perhatikan saja script pemasangnnya, banyak bukan, lagi pula ini efek float, jadi akan menambah beban blog karena sudah melayang, juga berada diluar skema blog kita. contoh :

klik untuk perbesar

ada baiknya jika ingin memasang chatting box, pasanglah pada "BODY" blog saja. seperti ini :

klik untuk perbesar
6. Konten Kembar juga hal yang bodoh, kalau sudah tahu dan punya satu kontent yang benar, kenapa harus menambah nambahi dengan kontent yang baru? padahal sama saja fungsinya/intinya.
coba lihat konten yang seperti dibawah ini. Sebenarnya untuk apa ditambahkan kalau satu referensi yang sudah terpercaya saja ada. Maka kita tidak perlu melakukan double konten seperti ini.

klik untuk perbesar

pakai yang satu-satu saja seperti ini:
klik untuk perbesar

7. Kontent LinkBack atau Backlink yang banyak. Backlink itu didapat secara sehat dengan cara berkontribusi pada blog orang lain, bukannya terlalu "LEBAY" memasang kontent backlink yang terlalu banyak, seperti Backlink Gratis, dll.

seperti ini :
klik untuk perbesar
contoh yang benar saja kita gunakan, yang tidak memakan ruang dan tidak acak-acakan


8. Apabila ingin menambahkan Pesan atau sebagainya pada bagian akhir posting, usahakan bukan PERMALINK, tetapi yang ringan seperti Kotak Informasi. Widget Permalink hanya akan menambah beban blog, khususnya pada postingan.
contoh permalink yang saya ambil dari blog saya yang dulunya menggunakan PERMALINK. Yang kini sudah saya buang. :


Bukankah Blogger sudah memberi fitur Permalink Otomatis?



dan akan lebih baik apabila hanya diganti kotak informasi saja. TETAPI, lebih baik lagi tidak usah ditambahkan apa-apa. yang sederhana saja.

9. Apabila tidak perlu, tidak usah pasang Menu Slide Out, khususnya yang Float. Karena ini menjadi hal yang signifikan menambah beban loading blog. Menu slide out yang float itu, berat. Tidak usah kita cari bagaimana, dilihat dari scriptnya saja sudah banyak sekali. Contoh menu Slide Out yang Float :



apabila hanya ingin menambah cantik atau gengsi blog, bukan begini caranya. Kalau kalian sudah punya menu yang primary, kenapa harus ditambah lagi? kalau isinya hanya seperti:
- My Facebook
- My Twitter
- My Other Blog
- dan lain-lain

lebih baik tidak usah dipasang. Lebih baik tambahkan saja dibagian menu primary.


10. Kurangi pemakaian JQuery berlebih.

Dari 10 hal ini gunannya bukan hanya untuk meringankan,tetapi bisa dipandang oleh mesin pencari sebagai blog yang direferensikan. Juga sebagai acuan menjadi blog yang SEO.

Nah, mungkin itu saja yang saya bisa paparkan untuk bagian kedua ini... saya tidak bermaksud menurunkan minat dalam menambah-nambah widget dan lainnya, karena itu adalah hak kalian, ini ditujukan untuk Blogger yang ingin MENJADIKAN BLOGNYA MENJADI LEBIH DICINTAI SEARCH ENGINE DAN SEO. Kalau kalian merasa Blog kalian ADALAH UNTUK BLOG YANG INGIN TAMPIL CANTIK DAN SEBAGAINYA silakan tidak masalah.

Saya tidak bermaksud menggurui, tetapi ada baiknya kita perhatikan kembali, baik blog kalian yang kalian tujukan untuk Visitor, teman, pribadi, atau lainnya, bukankah akan sulit mengakses kalau loadingnya bertele-tele? tidak masalah apabila kecepatan kalian tinggi mencapai 100MBps, tetapi bagaimana dengan orang lain yang ingin masuk? ini akan membuat visitor jengkel dan meninggalka Blog kita yang berat loadingnnya.

Dan mohon maaf apabila gambar diatas ada yang merasa itu diambil dari blognya, karena hanya sebagai contoh saja.

Semoga Bermanfaat!

38 comments dapat Anda baca di bawah ini atau tambahkan satu.

  1. Trimakasih atas shering ilmunya gan, sangat bermanfaat sekali..

    ReplyDelete
  2. ulasan yang sangat menarik dan lengkap sobat....

    tapi yang ingin saya tanyakan, apa sih fungsi permalink itu sendiri...???

    kenapa bisa menambah beban load blog, padaha hanya berupa link ke postingan atau ke homepage blog saja..???

    terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  3. Mantef tuh bang tipsnya..sip abiss..hahahyy

    ReplyDelete
  4. mantab bos infonya, terutama JavaScript tu emang bikin berat... apalagi klo loadnya dari web server lain...

    ReplyDelete
  5. 4 jempol untuk artikelnya sobat, 1 kesalahan saya karena saya menggukana Chatbox yang melayang sobat, hehehhe

    ReplyDelete
  6. yang nomer delapan gan? it yang bener permalik seperti 'url ini... bla bla bal,' atau kotak info si. soalya yang di coret justru yang info.
    tapi klo menu permalik di blogger, yang di posting. itu beda lagi gan fungsinya, ga sama seperti yang di bahas.

    btw blog ane termasuk cepet ga ya? kasih pendapat dikit dong.. hehehe

    ReplyDelete
  7. di Praktekan dulu :D makasih infonya :D

    ReplyDelete
  8. Langsung praktek sob. Blog saya masih berat.

    ReplyDelete
  9. nah, kalo blog ane gimana sob, termasuk berat kah ???

    ReplyDelete
  10. Kalau punyaku udah ringan belum sob loadingnya. Soalnya kalau halaman beranda memang ringan tapi kalau halaman posting kurang begitu tahu karena kecepatan untuk setiap orang berbeda

    ReplyDelete
  11. Wah,,, master SEO ny bagi-bagi ilmu neh... ijin menyimak... bagaimana dengan bLog saya Bos??? Ada yang salah??? Ane tunggu jawabannya di Gubug Ane, hehe
    Hadir selalu di bLog Sobat terbaek, share : MP3 Inspiratif Bag. XVIII, mohon komentarnya Sob, Thanks, :)

    ReplyDelete
  12. Mampir lagi sob. Nunggu postingan baru.

    ReplyDelete
  13. thanks infonya sob jadi tau nih ... :) ,, soalnya saya kurang begitu paham tentang SEO, script, n CCs .. hihih :D..

    ReplyDelete
  14. wah..ternyata banyak sekali yang harus dibereskan ahar blog menjadi ringan ya...apalagi konten backlink itu.. :)

    ReplyDelete
  15. ini yang saya cari* infonya. thanks gan :D

    ReplyDelete
  16. mantabs nih tutorial,,, lengkap banget ,,,
    siiip saya save sob, ada bbrp yg lom saya lakukan,,,

    wilujeng ngeblog

    ReplyDelete
  17. @yusrandante : memang bnar untuk link langsung pada artikel bersangkutan.. :D juga sebagai information End, untuk para pengunjung.. dikatana berat karena menggunakan banyak css, juga modifikasi.

    ReplyDelete
  18. @ICAH BANJARMASIN : oke dehh bang.. :D

    ReplyDelete
  19. @Cendekiawan IT : nah.. bner tuh sob.. :D

    ReplyDelete
  20. @Asis Sugianto : hehe.. tidak papa sob.. bisa dibenahi.. :D

    ReplyDelete
  21. @Limit Komputer : iya sob.. :D thanks udah mampir.. :D

    ReplyDelete
  22. @cerita anak kost :

    Perbedaan antara Permalink umum dan kotak informasi memang tidak cukup signifikan.. tetapi berbeda dampaknya. Permalink yang banyak digunakan untuk memberi infromasi dan link langsung pada artikel yang diposting lebih banyak membuang tempat, selain ukuran yang biasanya besar (walalu bisa diperkecil), juga perhatikan css modifikasinya, ada banyak ini akan memberatkan blog kita khusuhnya artikel yang bersangkutan. Apalagi kalau menggunakan css3, wah.. berat deh.. tujuan dari permalink yang kita buat itu sendiri selain memberitahu informasi pada halaman apa sekarang (biasanya) juga saya katakan tadi memkberi link langsung pada postingan yang bersangkutan. Permalink semacam ini memakan banyak css, juga diletakan dibawah postingan (memang disitulah letaknya). Jadi kelemahannya :
    - CSS yang banyak
    - Ukuran yang umunya besar
    - CSS modifikasi banyak (seperti border, background, atau param, atau lainnya)
    - Memakan ruang, dan ukuran posting.

    Kemudian, tentang kotak informasi, ini termasuk dalam kategori Live Information, yang juga biasanya diletakan diakhir posting, gunanya hampir sama dengan permalink, untuk menunjukan pada halaman apa kita sekarang berada (umumnya). Tetapi yang lebih banyak digunakan untuk memberitahu pengunjung tentang hal-hal apa saja yang dilarang pada artikel yanng bersangkutan dan tekait. Dan kotak informasi ini tidak memakan ruang, karena ukuran relatif kecil saja, css juga tidak terlalu banyak. Kotak informasi ini biasanya tidak memberi link langsung pada postingan yang bersangkutan, karena bertujuan hanya untuk memberitahu hal-hal ihwal yang tidak boleh dilakukan pada blog bersangkutan juga termasuk artikel-artikel yang lainnya.
    Maka dari itu, hal ini lebih disarankan daripada memasang permalink yang biasanya sudah dipasang oleh para Blogger.

    Kemudian mengenai Permalink yang diberi oleh blogger langsung. Sudah saya katakan pada awalnya tadi pada bagian Permalink umum, bahwa salah satu gunanya untuk memberi link langsung pada postingan bersangkutan. Pada Permalink yang diberi oleh Blogger sendiri mengacu pada fungsi yang seperti ini. Coba lihat sendiri bagi kalian yang menggunakan Blogger dengan Interface yang baru. Silakan menuju area posting, lalu klik Permalink bagian side menunya, maka akan kita lihat :

    Automatic - dengan link langsung untuk postingan kita (dengan judul yang sudah dibuat)
    Manual - dengan pilihan sendiri memasang link yang mana kita inginkan sebagai permalinknya.

    dari fitur tersebut, kita ketahui fungsi paling mendasar adalah hal yang sama seperti permalink umum kan? untuk memberi link langsung pada postingan bersangkutan.
    Tetapi masalah Permalink yang ini, menurut saya peribadi, apabila menggunakan mode Dynamic Views, baru bisa kelihatan permalink dan tombolnya. Kalau kita masih menggunkan template buatan sendiri atau dari lain, maka fitur permalink ini tertutupi, tetapi fungsi masih ada. silakan cari teman yang menggunakan mode Dynamic Views, dan cari artikel mereka yang menggunakan permalink blogger ini dalam tag Automatic.

    nah, mungkin seperti ini saja jawaban saya, semoga membantu. Saya juga orang yang sama-sama belajar.

    ReplyDelete
  23. @Yuyud : okee sob.. :D silakan.. :D

    ReplyDelete
  24. @Stupid monkey : hehehe.. kalo saya boleh jujur.. tetapi saya juga tidak lepas dari kesalahan*

    blog sobat termasuk berat.. :D blog saya juga.. :D

    ReplyDelete
  25. UNTUK PERTANYAAN YANG LAINNYA SAYA PENDING DULU YA... LAGI SIBUK NIH.. hehehe

    ReplyDelete
  26. - @Yuyud (lagi) : iya sob.. trima kasih.. udah mampir terus.. :D
    - @Madjongke : hehe.. kalo halaman beranda emang beda sama tiap2 artikel posting sob.. karena beranda biasanya tetap apabila kita tetapkan berapa jumlah post yang tampil.. kalo single posting. bergantung pada banyaknya kontent yang dimuat pada posting itus endirir juga tambahan widget disekitar halaman.. ini yang mengacu perbedaan tiap halaman post dan beranda.

    - @SANG PEMBELAJAR : Hehe.. nanti saya kunjungin ya... saya lagi sibuk nih.. :D semua blog itu ringan.. cuman diberat-beratkan oleh authornya.. whahaha (emang gitu) bahkan termasuk saya.. ntar saya komnet balik kesana.. :D

    - @Noisy Boy : hehe trima kasih sob.. mampir lagi nih.. posting blum kluar,.. :D whahaha

    - @viro water mineral, live the moments : nah! bner banget sob.. :D

    - @Noisy Boy (lagi) : wah.. mampir lagi.. heheh maaf sob.. postingan baru blum release.. n_n

    - @emmethe : iya sob.. sama-sama kita semua juga belajar kok! ntar juga kita bisa ..:D

    - @BlogS of Hariyanto : hehe.. bner bnget sob.. termasuk kontent backlink itu.. ngacau2in blog aja.. :)

    - @Health Blog : iya sob.. sama-sama.. :D

    - @sakahayang.coom : silakan sob.. sering2 kemari ya.. n_n

    ReplyDelete
  27. @Adiet : hahaha asik2 menghanyutkan brow.. :D

    ReplyDelete
  28. yang nomer 4 kyaknya ane ada pake tuh, tapi sudah di minimalkan cssnya masbroo... Yang lain masih aman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe bagus bro kalo udah diminimalkan.. :D kan lebi enakan dikit.. ;D

      Delete

Harap berkomentar sesuai dengan isi posting & komentar spam akan dihapus. Anda dapat menggunakan tag HTML: <a href=""></a>, <strong></strong>, <b></b>, <em></em>, <i></i>.