4.6( 8864)

Membuat Loading Blog Menjadi Super Cepat dan SEO Bagian 3

Notifikasi Penting
Maaf, UnlimitSoft mengalami sedikit masalah internal, dan tidak terupdate. Dipindahkan sementara ke www.Newsinfopedia.org



MAke Your Blog Faster
Pertama-tama saya mohon maaf dahulu apabila ada beberapa gambar diambil langsung dari blog sahabat blogger sekalian, itu bukanlah perburukan tetapi sebagai acuan dan gambaran yang dapat saya ambil sebagai simpulan dan sebagai contoh saja, tidak untuk mangacu pada Blog tersebut.

Cara membuat loading blog menjadi lebih cepat atau ringan ini sudah banyak sekali ditulis oleh para Blogger, tetapi saya tidak ingin kalah dengan mereka untuk menulis artikel yang original da berkualitas, daripada sekedar copy paste penjelasan dan gambar orang lain.
Mebuat loading blog menjadi lebih cepat juga sangat disarankan oleh Google sendiri, tetapi kebanyakan para blogger ada yang kelewat batas padahal sudah tahu, tapi kita tidak akan permasalahkan karena itu hak mereka sendiri untuk membuat blog mereka lebih bagus atau cepat atau bervariasi.

Langsung pada topik kita masuk ke topik ulasan, baiklan sekarang mari kita koreksi lagi apa-apa saja yang bagus dan tidak bagus untuk blog kita, kalian boleh ambil boleh acuhkan. Tidak masalah.

1. Sudah diingatkan pada bagian sebelumnya, jangan pasang Widget yang berhamburan di blog. Seperti :
- Widget Tukar link/Link Exchange
- Widget Statistic terlalu banyak
- Widget Visitor online lebih dari 1
- Widget Ikan dalam kolam
- Iklan Banner yang menggunakan widget JS
- Widget kotak iklan denganukuran besar yang jumlah lebih dari 1 atau 2
- Widget pagerank lebih dari 1


2. Hilankan Widget Follower (pengikut).
Follower Blogger
Widget follower ini sudah tidak berarti lagi bagi blogger yang sekarang, kecuali orang-orang tertentu dan pada tampilan Dynamic View yang disediakan oleh Blogger sendiri. Mungkin ada saja orang yang masih memasangnnya untuk tampilan yang mereka kira lebih bagus karena keliatan banyak followers mereka dan dikira blog mereka ramai, padahal kebanyakan blogger sudah tahu banyak followers itu kebanyakan melakukan saling follow dan mem-follow back yang sudah sangat sering dilakukan, untuk memperbanyak, dan seolah-olah blog mereka mempunyai banyak follower, padahal tidak murni dari kehendak oleh sang follower. Lebih baik buang widget tidak berarti ini.


3. Backlink yang terlalu berlebihan. Dan Link Exchange Widget.
Backlink Widgets
coba pikirkan untuk apa kalian memasang backlink yang banyak? satu atau dua pun sudah cukup. Untuk mendapat backlink secara cepat? kalian salah, Backlink ini bukanlah ukuran suatu blog yang bagus dianggap oleh Google, karena backlink yang sebearnya adalah didapat oleh indeks si Situs tersendiri, bukan asal tempel pasang widget, apalagi sampai menghujani blog. Backlink ini sendiri diterangkan oleh salah satu orang webmaster Google sendiri bahwa tidak penting lagi gunanya, juga Link Exchange/Tukan Link, itu hanya membuang waktu dan membuang harga diri blog kalian saja.


4. Ganti atau Hapus Translate Flag.
Translate Flag
jika kalian masih menggunakan Translate Flag baik banyak atau sedikit, maka hapuslahatau ganti dengan Google Translator Web. Itu akan lebih ringan dan memudahkan. Karena tidak memuat Script yang banyak. Ini akan membuat blog menjadi lebih cepat.

5. Jangan pasang Facebook Like Box secara Float Show/Hide.
Facebook Float
Kalian tidak perlu memasang Facebook Like Box secara float dan show/hide. Kalau mau cukup letakan saja pada Body blog kalian, script iframe yang membuat like box itu sudah berat, dan ditambah lagi dengan script float show/hide-nya, apa tidak berat? silakan cek sendiri apa bila ragu.

6. Tidak usah memasang Animasi Kamera CCTV.
Kamera CCTV
Coba pikirkan untuk apa kalian pasang ini? apakah kalian punya perangkat pemantau yang tersambung dengan kamera itu? yang dapat meihat aktitas blog? melihat jumlah pengunjung? kalau tida, buang saja! apa gunanya untu blog? sampai saat ini belum ditemukan perangkat yang mengintegrasikan blog langsung ke cctv. Pikirkan baik-baik itu cuma gambar! tidak lebih.

7. Tidak pentingnya Status Yahoo! Messenger.
Yahoo! Messenger
Widget ini adalah selanjutnya yang menurut saya sendiri pun tidak penting, karena tidak semua blogger membuka Messenger mereka saat blogging, mungkin mereka sibuk ber-blogwalking saja. Bahkan mungkin tidak punya akun messenger itu sendiri, dan apabila hanya menambah-nambah beban blog, sebaiknya buang juga.

8. Tidak pentingnya NetworkedBlogs.
NetworkedBlogs
Ini adalah salah satu widget yang membuat beban blog makin tinggi, sebaiknya widget ini tidak usah dipasang, karena secara saya perhatikan pun,  widget ini tidak banyak diminati oleh pengunjung.

9. LikeBox yang berat.
LikeBox
Ini juga masalah pembuat Blog menjadi berat, tidak percaya? silakan pasang dan cek kecepatan blo kamu. Tidak usah dipasang pun sudah dapat diperhatikan bahwa Script pembuatnya pun sudah banyak dan berat. Apalagi ini efek slide, efek slide ini sudah dikenal sbagai pemberat blog. Pikirkan sekali lagi.

10. Pemakaian jQuery berlebih.
jQuery
Hati-hatilah dalam penggunaan jQury yang terlalu banyak atau berlebihan, ini dapat memperlambat loading blog, karena jQuery seperti membaca dan melakukan akses tersendiri, dan robots pun sepertinya mengacuhkan ini namun tetap dibaca oleh mesin bot, dan pembacaan ini akan terjadi cukup lambat, sehingga memperlambat terbukanya konten blog.

11. Slideshow.
Menggunakan slideshow juga memperlambat blog, apalagi dengan ukuran yang besar, otomatis gambar yang dikeluarkan juga besar ini akan tambah memperlambat loading.


12. Iklan yang berlebihan.
Para blogger memang sering tergiur dengan uang yang didapat dari pasang iklan, sharing banner, dan seabagainya hingga dipasanglah sekian banyak banner, kotak iklan, box baik float, atau absolute, sebanyak mereka bisa meraup uang, tapi mereka sendiri tidak memperhatikan blog mereka berat, dan sering dikeluhkan oleh pengunjung.



Sekian dulu artikel yang saya keluarkan untuk sahabat blogger sekalian, ingat! ini bukan suruhan, saya tidak menyuruh kalian melakukan hal diatas, tetapi hanya koreksi saja, karena blog itu adalah kreasi kalian sendiri.
Dan sekali lagi saya mohon maaf dahulu apabila ada beberapa gambar diambil langsung dari blog sahabat blogger sekalian, itu bukanlah perburukan tetapi sebagai acuan dan gambaran yang dapat saya ambil sebagai simpulan dan sebagai contoh saja, tidak untuk mangacu pada Blog tersebut.
Baca juga : Bagian 1 dan Bagian 2.


[boot] membuat blog yang ringan, membuat loading blog menjadi ringan, membuat loading blog menjadi super ringan, cara membuat loading blog ringan, cara membuat loading blog menjadi lebih ringan.

57 comments dapat Anda baca di bawah ini atau tambahkan satu.

  1. mantap. share yang bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob.. :D terina kasih juga sudah mau kesini..:)

      Delete
  2. Setuju sob..tapi yang saya berat adalah widget follower gak bisa sya lepas karena untuk menambah silaturahmi antar blogger.

    Mantap sob artikelnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe itu gk papa sob kalo gk dilepas, cuman nambah ruang pada body kita aja.. :D (walau juga nambah berat dikit) karena pada dasrnya widget ini hanya diintegrasikan untuk yang menggunakan dynamic views saja.. :D hehehe smangat!

      Delete
    2. Jadi sob..dapatkah dikatakan blog saya ringan? minta jawabannya sob :)

      Delete
    3. iya sob,, blo kamu ringan kok.. :D

      Delete
  3. hehe, jujur saja mungkin masih berada dipertengahan.. :D,, sama aja sob, blog saya juga masih berat kok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kalau cepat kan tergantung koneksi kita kan sob.Kalau koneksi cepat ya otoatis loadingnya cepat.

      Delete
    2. iya sih, tp ada kata orang "trgantung modemnya.." haha ada2 aja (tpi ad bnern5a juga sih).
      pokoknya kita benahi aja supya makin ringan.. :D

      Delete
    3. Setuju sob.Btw pakai modem sobat dirumah :)

      Delete
    4. iya sob,, pake flexi.. cuman yg kcepatannya stabil.. mahalan dikit sih... :)

      Delete
    5. Ya baguslah kalau kecepatannya stabil. :)

      Klau stabilkan jadi bisa blogwalking :)

      Delete
    6. wkwkwkwk sama bro ane juga pake flexi, murah meriah.. Tapi sayang non evdo speed pas-pasan :(

      Delete
    7. @Abed : hoho iya sob.. :D tapi agak turun kalo pake program yg nyerap koneksi kaya idm.. :D

      Delete
    8. @vmediakom : hehehe aku yg edvo.. :D enakan dikit.. :D

      Delete
    9. modemnya sama nih uhuk*

      tapi ada likebox yang dimanipulasi jadi ringan loh mau gak hehehe :D

      Delete
    10. apaan tuh broo..?? dima tutronya??

      Delete
  4. wah mikir dulu ah kalo mo nglepasin beberapa widget, sebenarnya sudah tahu sih bikin berat, trims sobat

    ReplyDelete
  5. belajar SEO lagi dimari :)
    kayaknya blog saya bebas dari hal-hal di atas :D
    gak ada widget macem2 hehehe..

    Menuju bag 1 n 2 dulu ah.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya sob.. :D aku juga liat blog kamu kok.. :D bebas dari virsu widget yang berat2.. :D

      Delete
  6. orang yang make kaya gituan biasanya orang yang baru ngeblog gan. heheh, ane juga pernah ngalamin seperti itu, tapi ane ga selebay dengan memasang terlalu banyak. heheh. tips yang menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhe bner bro.. :D waktu pertama aku ngeblog juga gitu, widgetnya bejibun.. :D tapi sekarang lebih diminimalkan.. :D

      Delete
  7. intix yg jgn psang widget yg gk penting2 amat..., termasuk satu yg sobat mungkin lupa yaitu jgn memasang jam dan mp3 player.. *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe itu sudah aku muat di bagian 2 kalo gk salah.. :D silakan cek.. :D inikan bagian 3.. :D

      Delete
  8. follower ane hapus deh. wkwkwk jadi malu dikritik habis disini. keren sob tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kalo itu dirasa penting dan dirasa enak, silakan diterapkan saja sob.. :D hehehe ini kan cuman pengoreksian.. :D

      Delete
  9. kalo blog-ku berat ga? soalnya disitu ada 1 iklan dan 1 link ke Viva co.id.
    tolong cek ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak berat sih pop.. :D tapi bisa diminimalkan kok.. :D

      Delete
  10. yang berat berat kaya follower ataupun likebox mending diganti pake link aja hehehe sama kaya punyanya situ yang diatas sidebar :D

    ReplyDelete
  11. . . sang admin punya saran gak untuk blog aq sebaiknya kayak gimana?!? plizZz,, . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe ntar dulu aku jawab ya.. :D aku mau ijin bentar dulu :D ada keperlua..

      Delete
    2. seperti diatas, kurangi/buang widget yang tiadk penting, hilangkan mode archive, gambar headernya kebesaran dan itu ukurannya besar, dan memberatkan loading.
      kompress css seminimal mungkin, tapi haru tau dan ngerti codenya setelah dikompress. hilangkan permalink.
      Likebox facebook cukup satu. :D

      Delete
  12. darisemua saran di atas.. sepertinya tidak ada yang menyinggung blog saya sob... saya memang lebih suka yang simple2 aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe baguslah sob kalo bgitu.. :D tapi mnungkin ada ada yang kesinggung.. :D

      Delete
  13. setuju gan, terutama pasang banner yang berbasis SWF, dah bakal gak ngangkat itu blog saat diakses

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe bner banget sob. :D flash biasanya nambah beban banget :D

      Delete
  14. Blog ente sepi widget gan, hahhahahaha. pantes loadingnya cepat.
    tapi, gimana caranya biar dapat like facebook dengan widget yang ringan gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah.. saya kurang mendalami lagi gan.. :D ntar ya kalo saya udah ngutak-ngatik script hmtl5 ato xfbml, ato juga iframe.. :D hehehe

      Delete
  15. iya gan betul itu.. widget follower bikin lambat..-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, bagusnya disisihkan aja dari blog.. :D tapi itu tergantung si pemilik blog, kalo mau.. :D

      Delete
  16. yang kalau pemakain scrip itu gmn yah?
    yang lazyload

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu membuat blog makin berat aku rasa, mana ada masang script lagi apalagi .JS makin cepet, itu cuman kata orang2 yang ngepost nya aja.. padahal makin berat.. contoh aku pernah make, loading gambar2 makin lama.. padahal biasanya lancar dan cepet. :)

      Delete
  17. wahhh sangat membantu banget nih gan
    maklum saya pemula jadi masih suka asal pasang widget heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi gk papa gan.. semua orang juga gitu waktu pertama-tama.. :D

      Delete
  18. gan web aneringan atau leletpage loadingnya ya?
    nih webnya gan www.zhenhella.web.id.
    mohon pencerahannya gan,thanks sebelumnya.......

    ReplyDelete
  19. alhamdulillah hampir tidak ada semua di blog saya yang anda sebutkan diatas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mantab tuh bro.. mau kunjungin nih.. liat2 :D

      Delete
  20. Sangat menarik, tetapi ada ndak cara lain gan biar loadingnya secepat agan punya?Maklum newbie gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm.. ??? kamu bisa pilih template yang simple, dan kurangi widget sob.. :D

      Delete
    2. oia hilangkan recent post thumbnail slidenya.. :D

      Delete

Harap berkomentar sesuai dengan isi posting & komentar spam akan dihapus. Anda dapat menggunakan tag HTML: <a href=""></a>, <strong></strong>, <b></b>, <em></em>, <i></i>.